AFC utk bisnis suplemen dan AMS utk healthy food. .
AFC (Asayama Family Club) menjual suplemen dengan sistem member. .
AMS (Asayama Miou Shokihin)
Miou = Taste King
Shokihin = Foods
Sekarang ini AFC adalah brand utamanya, sedangkan AMS adalah departemen international.
NYK adalah cikal bakal semua produk berasal. Divisi ini dipimpin oleh Mr. Hiroshi Kikuchi, Ph. D yg isinya para Ph.D & tugasnya khusus hanya melakukan riset. Di tangan Mr. Kikuchi semua formula produk AFC berada. Tak heran beliau dan Mr. Tadashi Etto selaku inventor dari bahan baku salmon ovary peptide sangat dilindungi sekali keberadaannya. Tidak boleh keluar ke negara lain, kecuali kemarin ke Indonesia.
KENKOTV adalah stasiun TV punya AFC yg menjual produk AFC dan kalau mau beli bisa menghubungi nomor yg tertera (aku bayanginnya ini kaya TV Media dulu di Indonesia).
HONSO adalah perusahaan herbal di Cina yg berdiri tahun 1831 dan dibeli oleh AFC. Presdir AFC sendiri punya mimpi untuk mendirikan pabrik jamu di Indonesia utk diekspor ke Jepang.
AFC International Academy adalah bentuk CSR (Company Social Responsibility) AFC. Khusus bagi para member AFC Indonesia memiliki kesempatan utk menyekolahkan anaknya di sini dengan harga khusus / beasiswa. Setelah lulus dari sini, anak kita bisa memiliki peluang utk berkarier di AFC. Namun, perijinannya hingga hari ini masih belum kelar, jadi akan diinfokan lebih lanjut.
Utk foto pertama ada sedikit koreksi di bagian turnover dan employees karena yang tertera adalah data tahun 2019. .
So, here it is utk rangkuman slide pertama :
1. We are the ONLY ONE perusahaan FARMASI yg sudah GO PUBLIC di Jepang.
2. Turnover yang terbaru : JP¥ 16 Billion (USD 145 million)
3. Total employees saat ini : 1.200
Foto berikutnya adalah sertifikat GMP untuk AFC. Pabrik AFC adalah pabrik pertama di Jepang yang memperoleh sertifikat ini.
Foto 3,4,5 menerangkan bahwa karena pertumbuhan market AFC yg luar biasa di Indonesia, maka AFC memutuskan akan investasi membangun laboratorium baru senilai IDR 124 miliar untuk support pengembangan khusus di Indonesia, di mana kecenderungannya ke depan nanti diperkirakan makanan kesehatan akan jadi alternatif pengganti dari obat-obatan (dimuat di koran di Jepang).
AFC memiliki 5 pabrik besar. 3 di antaranya ada di Jepang. .
Foto paling kiri atas itu pabrik AFC di Kuniyoshida yg selama ini sudah kita kunjungi 2x (bagi yang tembus Japan Trip 1 & 2), di mana design bangunan sudah customer friendly. Sudah ada lorong dan kaca untuk melihat bagian dalam proses produksi dan pengemasan. .
Utk bangunan pabrik yg lain masih belum customer friendly, sehingga utk bisa masuk ke dalam, kita harus mengikuti prosedur lengkap di antaranya pakai pakaian khusus, pakai sepatu khusus, cuci tangan 26 detik, pakaian khusus juga harus dibersihkan terlebih dahulu. Mereka sangat memperhatikan higienitas karena bagi mereka nafas orang saja bisa merusak kualitas produk.
Foto pabrik yg kanan atas dan kiri bawah bangunan yang sama, cuma uniknya dari sisi yang satu tulisannya AFC, sisi kebalikkannya tulisannya AMS. Mr. Oba kantornya di yg kiri bawah ada tulisan AMS di lantai 6.
Foto kanan bawah itu pabrik yg di Chiba daerah airport, khusus memproduksi collagen.
AFC saat ini masuk dalam TOP 4 penghasil suplemen terbaik di Jepang (di slide masih TOP 5 belum update). .
Foto yg kelima ini prinsip orang Jepang pada umumnya (bukan hanya di AFC), yakni MONOZUKURI. Prinsip ini agak susah dituangkan dengan kata2, tapi dengan demikian detailnya orang Jepang kita bisa tau bahwa intinya mereka senantiasa mau mengasah ilmu terus menerus demi kepuasan sendiri dan juga orang banyak karena bisa menghasilkan produk ataupun proses yg selalu lebih baik daripada sebelum-sebelumnya.
Indonesia adalah negara ke-8 yg mengajukan status sebagai sole distributor untuk AFC. Dari ranking ke-8, kini AFC sudah ada di ranking ke-2 dunia. .
Bahkan di 2019 saat sales global turun sebesar 9%, omzet di Indonesia malah melesat naik sebesar 40%. Hal ini sampai dimuat di sebuah koran bisnis terkenal di Jepang. Amazing!
Dengan boomingnya produk SOP 100+, beberapa pihak berusaha trespassing (menerobos langsung), baik itu ke AFC Japan ataupun ke Pak Ernest langsung selaku founder AFC Lifescience Indonesia. Mr. Oba mengatakan ada total 820 permintaan yg ingin membeli SOP 100+ langsung ke AFC Japan, baik via phonecalls, email, fax, CS, dll, tetapi tentu saja Mr. Oba menjelaskan produk tersebut hanya KHUSUS dijual di Indonesia dan harus melalui PT. H&E Dermatech (AFC lifescience Indonesia)
Selain itu, ada juga yg menghubungi Pak Ernest langsung untuk membeli 10.000 box (1/2 container) SOP 100+ tanpa minta dibayarkan bonus, namun beliau menolak karena tidak mau mengkhianati para member yang telah bersusah payah berjuang membangun bisnis ini dari nol.
Oleh karena itu berbanggalah kita para member AFC dengan core value yang senantiasa ditanamkan oleh para founder : FAMILY, INTEGRITY, TRUST. Karena ini bukan sekedar semboyan, tetapi hidup dan diamalkan dalam sikap dan tindakan sehari-hari. .
I am a proud of AFC member! .
Sebagai perusahaan FARMASI terbesar, tertua dan satu-satunya yang sudah GO PUBLIC, AFC sudah menghasilkan lebih dari 40.000 produk (keterangan di slide 10.000 masih belum update).
Produk AFC di tiap negara pun berbeda-beda. Untuk menghasilkan produk di suatu negara, AFC tidak asal langsung buat dan paksa jual produk tanpa melakukan survey terlebih dahulu.
Mereka akan survey dulu (bahkan pakai pihak ketiga yg mahal sekalipun seperti Mark Plus) kebiasaan penduduk di negara tsb, pola makan, pola hidup, permasalahan kesehatan banyak dimana, preferensi bentuk, preferensi rasa, dan masih banyak komponen lainnya. .
Sebagai contoh untuk negara China preferensi utamanya di produk herbal seperti green juice, black garlic, enzymes, dll. Korea preferensi orangnya banyak di produk kecantikan untuk kulit, untuk Taiwan lebih variatif kebutuhannya mulai dari anak kecil sampai orang dewasa, untuk Singapore preferensi banyak di produk slimming dan kecantikan.
Untuk market Indonesia sendiri, SOP 100+ dan UTSUKUSHHII diciptakan karena pola makan dan pola hidup kita yang kurang sehat, sehingga penyakit kita banyak di peredaran darah dan pencernaan. .
Dan sole distributor resmi yang ditunjuk oleh AFC untuk Indonesia adalah PT. H&E Dermatech (AFC Lifescience Indonesia). Ingat, jangan tertukar dengan istilah MAKLON. Untuk maklon kontrol komposisi bahan baku produk ada di tangan pemilik brand or MLM, sedangkan kita kontrol produk sepenuhnya ada di tangan AFC Japan sebagai perusahaan FARMASI tertua terbesar dan sudah GO PUBLIC di Jepang. .
Bahkan kardus coklat yg digunakan utk pengiriman seluruh produk AFC pun dibuat di Jepang. .